Jumat, 29 Januari 2010

PERAN PEMUDA DALAM MENENTUKAN NASIB BANGSA


Melihat realita di lingkungan kampus, sungguh sangat memprihatinkan sekali. Hal ini terbukti dengan berkurangnya antusias mahasiswa dalam berorganisasi. seiring bergantinya zaman sosok pemuda adalah seorang yang bisa melakukan sebuah perubaan agent of change, bukan lagi sosok agen penerus melainkan sebagai agen pelurus, hal ini sudah bisa menarik kesimpulan bahwasanya mereka tidak lagi sebagai pemuda yang memiliki kepedulian terhadap nasib bangsa kedepan, melainkan seorang pemuda yang hanya berkeinginan setelah mereka lulus kuliah nanti akan menjadi pekerja kantoran tidak lebih dan tidak ada cita-cita lagi untuk menjadi seorang pemuda yang benar-benar memikirkan nasib bangsa/negara nya.
Mari kita bersama-sama mengajak pembaca untuk mengingat lagi sejarah mengenai sosok pemuda pada masa perjuangan melawan penjajah menujuh indonesia merdeka, sungguh mulia sekali tugas para pemuda dalam sejarah kebangkitan bangsa, sosok pemuda selalu memiliki peran yang besar dan strategis,karena menuju kebangkitan bangsa dibutuhkan energi yang kuat berupa keyakinan yang kuat,ketulusan,semangat yang jujur,kesungguhan dalam bekerja,dan pengorbanan.Dalam hal ini bangsa membutuhkan sosok pemuda yang berpotensi untuk itu,karena pemuda adalah simbol hati yang masih jernih.
Mengutip dari kata-kata Benidict Anderson (1999). Harus diingat salah satu ciptaan yang bagus sekali pada zaman revolusi, yaitu kata “Bung”. Seperti Bung Karno,Bung Tomo,Bung Hata,Bung Syahrir.Seolah-olah “Bung” menjadi paling tinggi.itu cukup menunjukan peranan dari sosok pemuda.
Banyak sekali pergaulan anak muda sekarang yang sudah tidak lagi mengikuti kaidah-kaidah agam dan norma-norma bahkan anak muda sekarang lebih identik dengan gaya foya-foya (hedonisme).yang harus di ingat, apa yang penulis uraikan di atas mengenai gaya hidup anak muda zaman sekarang sungguh sangat ironis bila kita melihat dengan masa perjuangan melawan penjajah, pemuda selalu memiliki peran yang besar dan strategis,karena menuju kebangkitan bangsa dibutuhkan energi yang kuat berupa keyakinan yang kuat,ketulusan,semangat yang jujur,kesungguhan dalam bekerja,dan pengorbanan.Dalam hal ini pemudalah yang berpotensi untuk itu,karena pemuda adalah simbol hati yang masih jernih.dan bisa dilihat juga mengenai kepedulian pemuda pada masa dimana rakyat indonesia sedang dalam jajahan,
Sifat apatis yang begitu meningkat seiring bergantinya waktu, anak muda sekarang sungguh sangat berdampak kepada bangsa dan negara indonesia apabila pola berpikir tidak di ubah karena mau tidak mau anak mudalah yang akan menjadi pengganti yang tua.Oleh sebab itu perlu di ketahui kepada pemuda-pemuda indonesia sungguh sangat rugi bila masa-masa muda hanya di habiskan untuk berfoya-foya dan hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa ada sifat kepedulian terhadap bangsa dan negara indonesia.
Untuk itu dihimbau kepada para pemuda indonesia untuk bersama-sama ikut memikirkan dan peduli akan nasib bangsa kedepan dalam mewujudkan bangsa indonesia yang makmur dan sejahtera, di tangan pemudalah bangsa ini di tentukan dikarenakan sosok pemuda selalu memiliki peran yang besar dan strategis,karena menuju kebangkitan bangsa dibutuhkan energi yang kuat berupa keyakinan yang kuat,ketulusan, semangat yang jujur, kesungguhan dalam bekerja, dan pengorbanan. Dalam hal ini bangsa membutuhkan sosok pemuda yang berpotensi untuk itu,karena pemuda adalah simbol hati yang masih jernih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar